KKN PPM UGM Unit Kertek 2023 Tebar Semangat Meraih Cita Cita di SDN 1 Reco melalui Pohon Harapan


Kunjungan KKN PPM UGM Kertek 2023 ke SDN 1 Reco, Kertek, Wonosobo : Menyemai Benih Asa di Kaki Gunung

Desa Reco, Kec. Kertek (20/7/2023)

Ribuan mil perjalanan selalu dimulai dari keberanian menentukan tujuan. Ungkapan tersebut tak hanya berlaku bagi seorang musafir dalam perjalanan, tetapi juga berlaku bagi para pejuang mimpi. Menyikapi pentingnya impian bagi langkah serta kualitas hidup seseorang, mahasiswa-mahasiswi KKN PPM UGM Unit Kertek Periode 2 Tahun 2023 berinisiatif mengadakan beberapa kegiatan untuk memotivasi siswa siswi SDN 1 Reco dalam mewujudkan cita-citanya.

Pohon Harapan sebagai Media Motivasi Siswa-Siswi dalam Meraih Cita-Cita

Salah satu program yang diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya pada level sekolah dasar adalah pembuatan pohon harapan. Ide program pembuatan pohon harapan ini cukup sederhana yaitu dengan mengajak siswa siswi untuk menuliskan cita-cita mereka dalam selembar kertas berbentuk daun.

Siswi kelas 5 SDN 1 Reco sedang menempelkan kertas berisi cita-cita mereka

“Konsepnya ini visualisasi mimpi yang sudah sering kita kenal. Jadi dengan menuliskan apa impian kita, harapannya ada emosi positif yang dibangkitkan agar kita semakin termotivasi dalam mengusahakan mimpi tersebut,” ujar Arsy selaku penanggung jawab program kerja ini.

Untuk membangkitkan inspirasi serta semangat para siswa, kegiatan ini didahului dengan motivasi dengan media kisah-kisah tokoh inspiratif dalam meraih cita-citanya. Untuk memancing minat siswa, digunakan tokoh-tokoh yang dekat dengan kegemaran siswa misalnya Cristiano Ronaldo dan Kim Taehyung BTS.

Para siswa terpantau mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Cita-cita mereka pun beragam, mulai dari penari, dokter, petani, hingga presiden. “Semua cita-cita itu mulia. Tujuan kita di sini adalah memastikan mereka punya keyakinan bahwa cita-cita mereka itu bisa diraih dan diperjuangkan sehingga mereka semangat belajar,” tambahnya.


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085292077070
Email:  -
Website: https://reco-kertek.wonosobokab.go.id

JALAN SINDORO SUMBING KM8 RECO KERTEK WONOSOBO